Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia Download Pdf

Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia
By:Dina Ramadhanti
Published on 2018-02-15 by Deepublish


 Download Ebook

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang hakikat prosa fiksi, bab dua membahas tentang alur dan pengaluran, bab tiga membahas tentang tokoh dan penokohan, bab empat membahas tentang latar cerita, dan bab lima membahas tentang sudut pandang dan pusat pengisahan Selanjutnya bab enam membahas tentang tema dan amanat, bab tujuh membahas tentang gaya bahasa, bab delapan membahas tentang pendekatan analisis fiksi, dan bab sembilan membahas tentang analisis fiksi tinjauan struktural. Apresiasi adalah menikmati, menghayati dan merasakan suatu objek atau karya, mencermati karya dengan mengerti dan peka terhadap segi-segi estetiknya, sehingga mampu menikmati dan memaknai karya-karya tersebut dengan semestinya. S.E. Effendi mengungkapkan bahwa apresiasi adalah mengenali karya sehingga menumbuhkan pengertian, penghargaan, kepekaan untuk mencermati kelebihan dan kekurangan terhadap karya. Mengapresiasi adalah berusaha mengerti tentang karya dan menjadi peka terhadap segi-segi di dalamnya, sehingga secara sadar mampu menikmati dan menilai karya dengan semestinya. Apresiasi sastra adalah kegiatan menggauli karya sastra dengan sungguh-sungguh sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan yang baik terhadap karya sastra (Effendi, 1973). Dengan kata lain, apresiasi sastra adalah upaya memahami karya sastra, yaitu bagaimana cara untuk dapat mengerti sebuah karya sastra dan mengetahui makna dan strukturnya. Peristiwa adalah peralihan dari satu keadaan ke keadaan lain. Luxemburg (1992) mengatakan bahwa peristiwa dibedakan atas peristiwa fungsional, kaitan, dan acuan. Peristiwa fungsional adalah peristiwa-peristiwa yang menentukan atau mempengaruhi perkembangan plot, urutan peristiwa yang fungsional merupakan inti cerita sebuah karya fiksi. Jika sejumlah peristiwa fungsional. Peristiwa yang dialami tokoh diceritakan secara kronologis. Peristiwa yang disusun secara kronologis itu haruslah dipilih dengan memperhatikan kepentingannya dalam membangun cerita dan biasanya disusun dengan memperhatikan hubungan kausalitas (sebab akibat) Peristiwa yang disajikan dalam urutan waktu tertentu dalam cerita fiksi di sebut alur. Pengaluran adalah pengaturan urutan penampilan peristiwa untuk memenuhi tuntutan cerita. Alur cerita biasanya terlihat dari tindakan dan ucapan tokoh. Tindakan dan ucapan tokoh itu haruslah ditampilkan bermakna dalam hubungan keseluruhan alur.

This Book was ranked at 23 by Google Books for keyword buku cerita fiksi.

Book ID of Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia's Books is kj5yDwAAQBAJ, Book which was written byDina Ramadhantihave ETAG "t+W5J4WUAtI"

Book which was published by Deepublish since 2018-02-15 have ISBNs, ISBN 13 Code is 9786024537753 and ISBN 10 Code is 6024537751

Reading Mode in Text Status is false and Reading Mode in Image Status is false

Book which have "178 Pages" is Printed at BOOK under Category

This Book was rated by Raters and have average rate at ""

This eBook Maturity (Adult Book) status is NOT_MATURE

Book was written in id

eBook Version Availability Status at PDF is trueand in ePub is false

Book Preview


 Download Ebook

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Buku Ajar Apresiasi Prosa Indonesia Download Pdf

0 komentar:

Post a Comment